Diberdayakan oleh Blogger.

Alun-alun Ponorogo | Tempat Wisata Ponorogo

Setiap Kabupaten/Kota pasti memiliki alun-alun sendiri. Nah untuk Ponorogo, alun-alun berada di pusat kota bagian barat. Alun-alun berada di jalur besar, yaitu di antara jalan arah Pacitan & Trenggalek dan dari arah Wonogiri, Jawa Tengah.

Alun-alun Ponorogo sangat luas, sehingga di bagian selatan terdapat panggung besar permanen yang biasanya digunakan untuk panggung Festival Reog Nasional (Satu minggu penuh menjelang sampai malam Suro/tahun baru Islam) dan juga pertunjukkan Reog setiap bulan purnama. Di panggung utama tersebut terdapat beberapa patung sebagai dekorasi permanen dari panggung. Selain itu juga terdapat tulisan besar di atas panggung.

Bagian lain alun-alun Ponorogo adalah Paseban yang berada di sebelah utara. Paseban biasanya digunakan sebagai tempat upacara pencucian pusaka Ponorogo setiap menjelang suro atau tahun baru Islam.

Dan di sebelah utara alun-alun juga terdapat taman kota yang sangat menarik. Terdapat patung sekawanan singa yang digembala oleh seorang warok. Dan dibelakangnya juga terdapat air mancur besar yang ditengahnya ada patung Dewi Songgo Langit. Di sana juga terdapat kebun bunga yang sangat cantik.

Selain bangunan-bangunan tersebut, di Alun-alun Ponorogo juga terdapat banyak sekali penjual jajanan, makanan, serta jasa wahana bermain anak. Jajanan yang khas di alun-alaun Ponorogo anatara lain adalah pentol goreng, pentol daging, dan sebagianya. Makanan yang ada di alun-alun Ponorogo antara lain adalah nasi bakar dan lainnya. Dan untuk wahana bermain dan hiburan antara lain becak cinta (becak lampu hias), delman, mobil-mobilan (anak), arena loncat-loncatan (anak). Dan ketika ada pasar malam (idul fitir dan suro) akan bertamabah banyak wahananya, seperti komidi putar, biang lala, kora-kora, tong setan, rumah hantu, dan lain-lain.

Untuk tempat-tempat publik yang lain sekitar alun-alun Ponorogo antara lain, Gedung Pemkab Ponorogo disebelah utara alun-alun, Masjid Agung Ponorogo di sebelah barat alun-alun, gedung DPRD Ponorogo dan Gedung Apollo di sebelah timur alun-alun, serta Toserba & Hotel Ponorogo Permai dan Keraton (Toserba/Mall) disebelah selatan alun-alun.

Berikut beberapa Foto Alun alun Ponorogo dari berbagai sumber

Klik Gambar Untuk Zoom / Memperbesar
 


 
Aloon-aloon Ponorogo ketika Festival Reog Nasional (1 Minggu penuh menjelang Suro / 1 Syawal sampai malam Suro / malam 1 Syawal)

0 komentar:

Posting Komentar