Diberdayakan oleh Blogger.

Telaga Ngebel | Tempat Wisata Ponorogo

Ponorogo yang sebagian wilayahnya merupakan perbukitan dan pegunungan, memiliki tempat yang sangat menakjubkan. Di salah satu lereng gunung di Ponorogo, tepatnya di lereng Gunung Wilis, ada sebuah telaga atau danau. Nama telaga itu adalah Telaga Ngebel, dinamakan demikian mungkin karena letaknya yang berada di Desa Ngebel. Letak Telaga Ngebel yang berada  ± 734m di atas permukaan air laut membuat suasananya menjadi sejuk nan segar yang semakin membuat Anda betah bila berkunjung di sana. Selain itu, Telaga Ngebel juga dikelilingi bukit yang masih hijau dengan pohon-pohon besarnya yang teduh (tapi tidak seram ya).

Telaga Ngebel juga memberikan fasiltas sewa perahu atau speedboat bila Anda ingin berkeleling telaga. Selain dengan perahu, Anda juga bisa mengelilingi Telaga lewat darat, karena tepi telaga adalah jalan yang sudah beraspal dan bisa dilalui oleh kendaraan roda empat. Selain itu, di salah satu sudut Telaga (dekat dermaga) Anda bisa mengajak keluarga Anda bermain dengan fasiltas bermain yang disediakan.

Telaga Ngebel paling ramai dikunjungi pada saat 1 Suro atau tahun baru Islam. Pada hari itu diadakan larung sesaji ke tengah telaga.

Di sekitar Telaga Ngebel juga banyak terdapat tempat makan yang pemandangannya langsung ke arah telaga dengan menu andalan Nila Bakar/Goreng. Dan apabila musim durian telah tiba, Anda bisa juga menikmati durian di pinggir telaga, karena akan berjentrek penjual durian bila musim durian tiba. Durian yang ada adalah Durian Ngebel yang manis.

Untuk lokasi Telaga Ngebel terletak di bagian timur laut Kabupaten Ponorogo (sekitar 18-20 km dari Kota). Terletak di lereng gunung sehingga jalan menuju ke sana sedikit berkelak-kelok, namun tidak parah dan tidak terlalu menanjak. Untuk sampai ke Telaga Ngebel Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan umum (Angkudes). Jalurnya yaitu

Jalur dari Kota Ponorogo (Kendaraan Pribadi)
Kota Lama - Borang - ± 300m utara Jembatan kembar belok kanan - Ketemu Jl. Raya Jenangan, Ikuti jalan terus, pertigaan pasar lurus - ketemu pertigaan lagi lurus lagi, yaitu Jl. Raya Ngebel - ikuti jalan terus sampai ke Telaga

Jalur dari Madiun (Kendaraan Pribadi)
Mlilir - Lampu merah setelah jembatan perbatasan belok kiri - lurus terus ikuti jalan (Jl. Raya Ngebel) sampai Telaga Ngebel

Naik angkutan umum
Anda bisa ke Telaga Ngebel dengan angkutan umum yaitu Angkudes (saya sarankan tawar dulu karena tidak ada tarif resminya). Angkudes ke Ngebel bisa Anda temui di terminal Selo Aji, Ponorogo. Dan untuk kembali ke Kota Anda bisa kembali naik Angkudes dari sub terminal di salah satu sudut Telaga Ngebel. Tapi terlalu ribet, mending pakai kendaraan pribadi atau sewa kendaraan saja.